-->

Cara Mengobati Penyakit Maag Secara Tradisional

http://rismasalsabila.blogspot.com
Penyakit maag memang sangat menyakitkan karena kalau kita sedang mengalami dan datang penyakitnya rasanya ini lambung seperti merilit dan perih,mungkin itulah sedikit yang di rasakan dari para penderita yang mengalami penyakit maag.

Masalah pada lambung sebenarnya tidak selalu maag, namun saat ini kita masih sering menjumpai orang yang mengaku terkena penyakit maag, hanya karena sering mual. Padahal banyak sebab bahwa seseorang mengalami mual, dan itu tidak melulu karena maag. Salah satu penyebab mual selain maag adalah karena adanya radang lambung.

Radang lambung atau lebih dikenal dengan sebutan gastritis adalah penyakit yang menyerang daerah lambung. Pada penderita radang lambung atau gastritis, dijumpai adanya suatu iritasi atau infeksi atau peradangan pada dinding mukosa lambung sehingga dinding lambung menjadi merah, bengkak, berdarah dan berparut atau luka. Selain luka pada dinding lambung, juga luka pada usus 12 jari.
Serangan pada lambung sendiri dapat bersifat akut atau kronis. Radang lambung yang kronis sering terjadi di kalangan orang tua dan penderita anemia fatal. Hal ini sering dapat menimbulkan peradangan di seluruh lapisan dinding lambung.

Radang lambung dapat menyerang setiap orang dengan segala usia. Radang lambung dapat menimbulkan pendarahan (hemorrhagic gastritis) sehingga banyak darah yang keluar dan berkumpul di lambung, penderita akan muntah yang mengandung darah yang berwarna cokelat seperti kopi.
Pada penderita radang lambung akut, sering mengeluhkan adanya suatu gejala dengan perasaan lambung tak enak, kram perut, indigesti, nafsu makan berkurang, mual dan muntah. Gejala-gejala tersebut akan berlangsung dalam beberapa jam hingga beberapa hari.

Sedangkan pada penderita radang lambung kronis mempunyai gejala yang sama atau rasa tak nyaman yang ringan. Sering kali gejala tersebut menjadi samar-samar, seperti tidak toleran terhadap makanan berlemak atau pedas. Bahkan bisa saja bila terjadi serangan ringan akan dapat diatasi dengan makan.
Namun demikian secara umum penyakit radang lambung mempunyai beberapa gejala, adapun gejala radang lambung diantaranya adalah:
  • Mual dan sering muntah
  • Perut terasa nyeri, pedih (kembung dan sesak) pada bagian atas perut (ulu hati)
  • Nafsu makan menurun secara drastis, wajah pucat, suhu badan naik, keluar keringat dingin.
  • Sering sendawa terutama bila dalam keadaan lapar
  • Sulit untuk tidur karena gangguan rasa sakit pada daerah perut)
  • Kepala terasa pusing. Dan pada radang lambung dapat terjadi pendarahan.
Faktor penyebab terjadinya radang lambung pada dasarnya adalah mukosa (selaput lendir) lambung yang tipis/rusak sehingga tidak tahan terhadap asam lambung dan pepsin yang berlebihan karena menurunnya kemampuan fungsi mukosa lambung tersebut.
Faktor lain yang akan memperparah radang lambung (maag) jika mukosa lambung tidak diperbaiki yaitu :
  • Adanya stres dan tekanan emosional yang berlebihan pada seseorang
  • Adanya asam lambung dan pepsin yang berlebihan
  • Waktu makan yang tak teratur, sering terlambat makan, atau sering makan berlebihan
  • Terlalu banyak makanan yang pedas, asam, minuman beralkohol
  • Konsumsi obat-obatan tertentu dengan dosis tinggi atau ES iritasi lambung (NSAID)
Faktor diatas sangat mempenyaruhi kepada lambung dan organ tubuh lainnya. Stres yang paling utama menjadi penyebab radang lambung dan penyebab penyakit lainnya. Sebab ketika seseorang stres, imun tubuh menurun sehingga segala macam penyakit bisa menghinggapi.

 Cara Pengobatan Sakit Maag Secara Tradisional:

 Tumbuhan obat di bawah ini dapat digunakan untuk mengatasi maag lambung. Antara lain ditujukan untuk mengurangi peradangan dan infeksi, memperkuat dinding mukosa lambung, dan mengurangi kepekaan dinding lambung, memperbaiki fungsi kelenjar-kelenjar lambung dan pencernaan secara umum.http://rismasalsabila.blogspot.com
  • 30 gram temu lawak segar + 10 gram kulit jeruk mandarin kering + 5 butir kapulaga direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, airnya disaring, diminum hangat-hangat.
  • 75 gram daun lidah buaya dikupas kulitnya + 10 gram adas + 5 butir bunga lawang direbus dengan 500 cc air tersisa 200 cc, airnya disaring + 1 sdm madu, diminum hangat-hangat.
  • 25 gram kunyit segar + 20 gram kencur + 5 butir cengkeh direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, airnya disaring, diminum hangat-hangat
  • 3 batang sereh + 15 butir ketumbar + lengkuas direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, airnya disaring, minum hangat-hangat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengobati Penyakit Maag Secara Tradisional"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel