-->

Manfaat Alang-Alang Bagi Kesehatan


Alang-alang atau ilalang ialah sejenis rumput berdaun tajam, yang kerap menjadi gulma di lahan pertanian. Rumput ini juga dikenal dengan nama-nama daerah seperti alalang, halalang (Min.), lalang (Mly., Md., Bl.), eurih (Sd.), rih (Bat.), jih (Gayo), re (Sas., Sumbawa), rii, kii, ki (Flores), rie (Tanimbar), reya (Sulsel), eri, weri, weli (Ambon dan Seram), kusu-kusu (Menado, Ternate dan Tidore), nguusu (Halmahera), wusu, wutsu (Sumba) dan lain-lain.

Nama ilmiahnya adalah Imperata cylindrica, dan ditempatkan dalam anak suku Panicoideae. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai bladygrass, cogongrass, speargrass, silver-spike atau secara umum disebut satintail, mengacu pada malai bunganya yang berambut putih halus. Orang Belanda menamainya snijgras, karena sisi daunnya yang tajam melukai.

Alang-alang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti pada bagian rimpang digunakan sebagai pelembut kulit, peluruh air seni, pembersih darah, penambah nafsu makan, penghenti pendarahan. Disamping itu dapat pula digunakan dalam upaya pengobatan penyakit kelamin (kencing nanah, kencing darah, raja singa), penyakitginjal, luka, deman, tekanan darah tinggi, dan penyakit syaraf

Infusa rimpang alang-alang berfungsi sebagai diuretikan, atas dasar peningkatan konsentrasi elektrolit (Na, K, Cl) urin tikus putih jantan. Pemberian infusa akar alang-alang  dengan dosis 40.50,60,70 g/kgBB berefek antipiretik pada marmot. Infusa bunga alang-alang 10% pada dosis 12 ml/kgBB berefek anpiretik yang relative sama dengan suspense parasetamol 10% pada merpati. Uji klinik : dedokta akar alang dengan dosis 250-300g, 2 kali pagi dan sore dapat menyembuhkan 27 kasus dari 30 penderita nefritis akut. Pada nefritis kronis, herba alang-alang dapat mengurangi edema dan menurunkan tekanan darah. Dedokta herba 250 g dalam bentuk tunggal maupun dikombinasikan dengan rimpang dan daun nelumbo nucifera dan daun agrimonia pilosa dapat mengobati epistaksis (mimisan), hemoptisis (batuk darah), hematuri (kencing darah), menorrhagia, dan pendarahan gastrointestinal bagian atas. Disamping ituu dilaporkan juga bahwa dekokta akar alang-alang biasanya digunakan bersama-sama dengan plantagi asiatica, glechoma longituba dan tunas Artemisia capillaries.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Manfaat Alang-Alang Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel